1.18.2011

8 Trik Lebih Jelita

Make up bisa membuat penampilan Anda menjadi jelita. Hanya sedikit trik dandan, Anda pun terlihat berbeda!
1. Ratakan wajah dengan alas bedak
Ratakan warna kulit yang berbeda-beda pada wajah dengan menggunakan alas bedak. Sebelum memakai alas bedak, sebaiknya oleskan wajah dengan pelembap agar hasilnya lebih merata.
Oleskan alas bedak dengan memakai jari, spons atau kuas. Meratakan alas bedak dengan jari adalah cara yang paling mudah karena Anda tidak membutuhkan banyak teknik. Sementara, spons dan kuas memberikan kontrol yang lebih baik; foundation bisa dioleskan lebih merata dan tentunya lebih higenis.


Untuk alas bedak cair: gunakan spons padat (berbentuk segitiga) yang dibasahi terlebih dahulu. Selanjutnya taruh sedikit alas bedak cair di ujung spons. Setelah itu buatlah titik-titik pada wajah; dahi, hidung, kedua pipi, dan dagu. Lalu, ratakan dari atas hingga bawah. Oleskan juga alas bedak di bagian bawah mata, lalu ratakan dengan cara menepuknya pelan-pelan.
Untuk alas bedak berbentuk krim/ mousse : alas bedak krim terkenal akan kekentalannya, karena itu gunakan tipis-tipis dengan cara mengoleskannya dari atas ke bawah. Alas bedak ini berfungsi ganda sebagai concealer yang baik.
Untuk alas bedak bubuk: gunakan kuas besar untuk membaurkannya pada wajah dari atas hingga bawah. Setelah itu, tekan-tekan bagian wajah Anda dengan kuas tersebut untuk hasil yang maksimal. Anda bisa memakai alas bedak ini di atas alas bedak cair atau krim sebagai penyempurna tampilan.
Pastikan Anda tidak menaruh terlalu banyak alas bedak di daerah hidung. Hal ini akan membuat Anda terlihat begitu ketara memakai foundation , tampilan yang jelita pun gagal tercipta.
Ratakan alas bedak dengan satu arah, searah dengan tumbuhnya bulu halus di wajah.

2. Samarkan Noda
Setelah memakai alas bedak, samarkan noda-noda kecokelatan pada wajah dengan concealer .
Concealer Anda harus beberapa tingkat lebih terang dari warna kulit Anda.
Lihat ke arah bawah ketika memakai concealer di bagian bawah mata. Ulaskan sedikit saja, lalu ratakan dengan tangan dengan cara menepuk-nepuk.
Setelah memakai concealer , tutup dengan bedak tabur.
Concealer bentuk krim sebaiknya diaplikasikan dengan bantuan kuas. Setelah itu ratakan dengan spons dengan cara ditepuk-tepuk.
Concealer warna salmon dapat menutupi noda hitam lebih baik, concealer warna hijau dapat menutupi noda merah lebih oke, sementara concealer ungu dapat membuat daerah yang kusam (contoh: dagu atau dahi) jadi cerah. Namun pastikan Anda membaurkannya dengan rata.

3. Warnai Kelopak Mata
Sebelum memakai eye shadow, sebaiknya Anda memakai base agar warna lebih “keluar” dan mencegah warna tidak “pecah”. Ulaskan dengan jari.
Pada dasarnya, Anda membutuhkan minimal 3 warna untuk menonjolkan mata, yaitu warna untuk highlight , warna untuk kelopak, dan warna untuk crease (lipatan mata). Warna highlight adalah warna paling terang, sementara warna crease cenderung lebih gelap.
Aplikasikan eye shadow dengan kuas di bagian kelopak mata dengan cara menepuk. Kemudian pulaskan eye shadow dengan warna lebih gelap di atas kelopak mata. Setelah itu pulaskan eye shadow warna kulit tepat di bawah alis sebagai highlighter . Agar lebih dramatis, Anda bisa memberi warna paling gelap (contoh: cokelat tua) pada ujung kelopak luar Anda, kemudian dibaurkan ke bagian dalam
Kunci memakai eye shadow adalah blending (membaur) yang sempurna, karena itu Anda membutuhkan kuas yang bagus.
Agar mata Anda terlihat lebih cerah, Anda bisa memulaskan eye shadow putih/ eye liner putih di bagian ujung dalam (tear duct) mata Anda.

4. Tegaskan garis mata
Eye liner seperti apa yang ingin Anda pakai? Pensil, cair atau krim/gel ? Untuk pensil, pilihlah pensil dengan ujung lembut. Eye liner cair membutuhkan ketrampilan lebih namun hasil warnanya lebih pekat. Sementara eye liner krim/gel membutuhkan bantuan angled brush untuk mengulaskannya.
Jangan memakai eye liner tepat di tempat tumbuhnya bulu mata, karena akan membuat mata Anda terlihat turun. Pakailah eye liner sedikit di atas bulu mata.
Apabila Anda tidak dapat mengulaskan eye liner dengan sekali ulas, buatlah garis putus-putus hingga ke ujung, sebagai panduan. Setelah selesai, Anda bisa menyambung garis-garis tersebut.
Gambar garis dari tengah ke bagian ujung mata. Setelah selesai, baru gambar garis dari tengah ke bagian dalam mata.
Jangan menarik kelopak mata Anda dengan tangan ketika ingin memakai eye liner , hal ini akan meninggalkan garis di bawah mata. Sebaiknya tekan kelopak mata Anda dengan cotton bud yang lebih halus.
Rapikan dan ratakan eye liner dengan bantuan cotton bud.

5. Rapikan Alis
Pilih warna yang benar. Jangan memilih warna yang terlalu kuat sehingga membuat alis Anda tampak tidak natural. Pensil alis warna hitam seringkali adalah pilihan yang buruk karena akan membuat alis Anda tampak begitu seram. Lebih baik pilih warna cokelat.
Jika ingin terlihat sangat natural, sebaiknya Anda mengoleskan kuas alis pada pensil alis, setelah itu sisirkan pada alis Anda samar-samar.
Gambar alis Anda dengan cara mengarsir dan mengisi bagian kosong atau tipis dari alis Anda. Jangan terlalu menekan pensil/kuas karena akan membuat warna terlalu kuat.
Jangan menggambar alis dari ujung dalam alis karena Anda akan terlihat seperti penari Kabuki. Mulai gambar dari tengah alis agar terlihat natural.
Apabila Anda memakai pensil alis, pastikan ujung pensil lancip, bersih dan kering. Pilih pensil alis dengan tekstur yang tidak terlalu lembut ataupun keras. Sementara eye brow compact dapat mengisi kekurangan alis Anda dengan lebih merata dan sempurna.

6. Tebalkan dan lentikkan bulu mata
Oleskan maskara berkali-kali secara tipis dan biarkan yang pertama mengering sebelum mengoleskan yang berikutnya.
Apabila Anda ingin memakai maskara pada bulu mata bawah Anda, pastikan Anda memakainya terlebih dahulu sebelum Anda mengoleskan maskara pada bulu mata bagian atas.
Ketika Anda salah memakai maskara sehingga membuat goresan yang tidak diharapkan, jangan gosok bagian tersebut dengan jari. Ambillah cotton bud dan celupkan ujungnya ke dalam alas bedak, kemudian gunakan untuk menghapus bagian yang salah tersebut.
Agar bulu mata lebih lentik, gunakan penjepit bulu mata sebelum memakai maskara. Pilihan lain adalah menggunakan sendok yang telah dihangatkan. Caranya, tempelkan bulu mata ke bagian belakang sendok dan tekan sebentar.
Apabila Anda sudah memakai eye shadow , pastikan bulu mata Anda bebas dari bubuk eye shadow dengan cara menyisir bulu mata dengan sikat maskara yang kering.

7. Segarkan Pipi
Gunakan fluffy brush (kuas besar yang gemuk) untuk memakai blush on tabur. Ulaskan blush on warna netral pada tulang pipi, kemudian ulaskan blush on warna cerah pada apple cheek (bagian pipi yang paling bulat pada saat Anda tersenyum). Sementara bristled powder brush (kuas besar berujung lancip) diperlukan untuk memakai blush on berbentuk krim. Oleskan blush on krim di tangan, kemudian aduk dengan kuas dan poleskan langsung pada apple cheek.

8. Buat bibir seksi!
Lip gloss atau lipstik yang berkilau cenderung hilang lebih cepat dibandingkan lipstik matte. Lipstik yang dipromosikan sebagai lipstik yang tahan lama biasanya bertahan hanya di bagian pinggir bibir, sementara warna di bagian tengah cepat pudar. Ketika ini terjadi, sebaiknya Anda menghapus semua lipstik sebelum Anda mengulaskannya kembali. Hal ini akan membuat warna lipstik menjadi rata.
Untuk membuat lipstik lebih tahan lama dan sempurna, oleskan sedikit alas bedak atau concealer ke bibir Anda sebelum Anda memakai lipstik. Concealer juga bisa dipakai ke sekeliling bibir setelah Anda setelah selesai memakai lipstik, hal ini akan membuat bibir Anda terlihat lebih menonjol.
Pertama pakailah lip pencil untuk membingkai bibir Anda, kemudian pulaskan pensil ke seluruh bibir hingga merata. Setelah itu pulaskan lipstik dan tutup dengan lip gloss agar bibir Anda terlihat lebih segar.

http://www.tabloidnova.com/Nova/Tips/8-Trik-Lebih-Jelita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar