12.10.2010

Melangkah Nyaman dengan High Heels

Sepatu berhak tinggi masih akan ngetren, jadi Anda bolehlah sesekali mengenakan sepatu ini untuk ke kantor atau acara resmi lainnya. Namun untuk mencegah terjadi nyeri pada kaki, bahkan cidera apapun akibat hak sepatu yang terlalu tinggi, Anda perlu mengenali betul bagian-bagian dalam sepatu Anda. Bila terjadi kekurangan pada sepatu, atau pada postur tubuh Anda, berikan dukungan yang dibutuhkan. Setelah itu, belajarlah melangkah dengan lebih nyaman. Berikut panduannya.

Kenali bagian-bagian sepatu Anda
Tubuh (tumit): Jika sepatu yang kaku membuat kaki Anda melepuh, basahi bagian sepatu ini dengan air, lalu gunakan jari-jari Anda untuk melunakkan kulitnya sesuai kontur kaki Anda. Atau, tempelkan plester atau pad di bagian sepatu (biasanya tumit) untuk mengurangi gesekan.


Payudara (lengkungan antara hak dan alas sepatu): Yaitu lengkungan bagian dalam sepatu, yang memengaruhi stabilitas Anda. Semakin ke depan lengkungannya, semakin seimbang tubuh Anda.

Sol: Penggunaan bahan yang tepat pada sol sepatu akan mencegah sepatu Anda selip di lantai yang licin. Pilih sepatu dengan pelindung sol sepatu, atau bentuk sol pada hak dengan kunci untuk menciptakan daya tarik ekstra.

Toe Box (alas pada bagian jari): Jika jari-jari kaki Anda terasa seperti dicubit, atau terjepit, Anda perlu meregangkan alas di bagian jari ini di tempat servis sepatu.

Interior: Jika lengkungan yang rendah membuat kaki Anda sakit, tambahkan bantalan untuk meringankan tekanan pada bola-bola kaki Anda (bagian telapak kaki yang berada di bawah jari).

Cara melangkah
1. Postur: Hak sepatu akan mendorong berat badan Anda ke depan. Jadi untuk menyeimbangkan tubuh Anda, tegakkan kepala Anda, dan tarik pundak ke belakang. Meregangkan pusat tubuh Anda akan meringankan sebagian tekanan pada kaki Anda.

2. Langkah: Melangkah dengan gerakan tumit ke jari yang normal bisa membuat pergelangan kaki Anda terkilir. Untuk menghindarinya, ambillah langkah-langkah pendek, turun secara merata ke bola kaki dan tumit.

3. Berat badan: Ketika berat badan Anda berpindah seluruhnya ke kaki, renggangkan jari kaki Anda di dalam sepatu. Hal ini bisa membantu mendistribusikan berat badan ke area bola kaki.

4. Pinggul: Ketika Anda merasa tidak seimbang, tubuh Anda cenderung menjadi kaku. Biarkan pinggul Anda berayun dalam gerakan kecil.

Beri dukungan
1. Bantalan sol penuh: Sol dalam yang meruncing di bagian depan akan membuat jari-jari kaki Anda tidak merasa kesempitan.

2. Pemindah berat badan: Bantalan ini diletakkan di bagian tumit, sehingga memindahkan berat dari bola kaki ke arah belakang, menuju hak sepatu.

3. Gel jari kaki: Bantalan ini memberikan dukungan pada bola kaki, untuk melindungi area di mana berat badan Anda terpusat.

4. Bantalan open-toe: Sol dalam yang ukurannya lebih pendek, namun menyediakan peredam hentakan yang sama tanpa terlihat dari sepatu Anda yang terbuka di bagian depannya.

5. Dukungan telapak kaki: Jika lengkungan telapak kaki Anda rendah, atau membutuhkan pengganjal, bantalan ini akan membantu meringankan tekanan pada bola kaki.

6. Bantalan hak sepatu: Bantalan ini membantu kaki agar tidak selip di dalam sepatu.

Dikutip dari : http://female.kompas.com/read/xml/2010/10/15/18111358/melangkah.nyaman.dengan.high.heels

Tidak ada komentar:

Posting Komentar