11.29.2010

Postur Ms V Setelah Melahirkan

Ketika seorang perempuan melahirkan bayinya secara normal maka akan terjadi perubahan bentuk vagina. Bisakah vagina kembali ke bentuk semula sebelum melahirkan?

Perempuan yang melahirkan normal mungkin akan memiliki bentuk vagina yang lebih besar dibandingkan sebelum melahirkan. Setelah seseorang melahirkan, vagina akan tetap terbuka dan bisa mengalami bengkak serta memar.

Pada beberapa kasus, melahirkan secara normal terkadang membuat daerah perineum (daerah antara dua belah paha yang dibatasi oleh vulva dan anus) mengalami luka. Baik yang terjadi secara alamiah maupun disengaja (episiotomi) saat persalinan untuk memperbesar sehingga bayi lebih mudah dikeluarkan.

Seperti dikutip dari Babycenter, Senin (29/11/2010) setelah beberapa hari persalinan mungkin pembengkakan sudah berkurang dan vagina mulai kembali ke otot.

Dalam beberapa minggu ke depan, secara bertahap vagina akan semakin mengecil dan melatih kegel secara teratur bisa membantu mengembalikan kekuatan otot.

Meski demikian ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi apakah vagina seseorang dapat kembali ke bentuk semula sebelum kehamilan atau tidak, yaitu:


Ukuran bayi yang dilahirkan
Jumlah anak yang sudah dimiliki
Apakah melakukan latihan kegel secara teratur atau tidak

Jika anak yang dilahirkan memiliki berat badan yang besar, maka efek yang timbul umumnya lebih parah. Hal ini disebabkan oleh relaksasi otot-otot dasar panggul yang membuat otot-otot ini kehilangan kekuatannya.

Karenanya disarankan untuk melakukan latihan kegel, latihan ini berfungsi melakukan pengencangan terhadap perineum serta membantu mengembalikan kekuatan otot-otot yang mengelilingi pembukaan vagina, uretra dan anus. Selain meningkatkan kekuatan otot vagina, latihan kegel juga bisa membantu mencegah inkontinensia di kemudian hari.

Mulailah untuk melakukan latihan kegel beberapa kali setiap harinya. Jika merasa ototnya sudah lebih kuat, maka secara bertahap dapat meningkatkan jumlah kegel yang dilakukan setiap hari. Jika dilakukan secara teratur, maka bisa membantu mengembalikan kekuatan otot dan vagina seperti sebelum melahirkan.

Cara senam kegel

Teknik senam Kegel yang mudah dilakukan caranya adalah kontraksikan otot seperti menahan kencing untuk awalnya selama 5 detik, kemudian kendurkan. Terus ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik.

Latihan ini tergolong mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Latihan bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, sambil berjalan, sambil berdiri, atau berbaring.

Saat mengendarai mobil bahkan saat berada di kamar kecil pun dilakukan senam ini yang penting semua latihan ini dilakukan dalam keadaan tenang.
sumber:http://www.detikhealth.com/read/2010/11/29/135942/1504794/764/postur-ms-v-setelah-melahirkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar